Header Ads

  • Teranyar

    Pemimpin Idaman untuk PILKADA 2018



     Pemimpin Idaman untuk Pilkada 2018
    Pemilihan kepala daerah (PILKADA) akan segera berlangsung, masyarakat berhak memilih calon pemimpinnya masing-masing, tak terkecuali umat Islam yang merupakan mayoritas di bumi pertiwi ini juga harus berpartisipasi dalam memilih pemimpin yang ideal yang memenuhi kriteria pemimpin dalam agama Islam.

    Zaman sekarang mungkin kita tidak akan bisa menemukan pemimpin sesempurna Rasulullah saw, tapi setidaknya kita dapat memilih pemimpin yang bisa meneladani kepribadian beliau dalam memimpin umat Islam. Seorang pemimpin akan menentukan nasib rakyatnya, maka dari itu kita sebagai umat Islam harus bersatu untuk memilih pemimpin yang adil dan bijaksana, bukan malah memilih pemimpin yang cuma bisa mengobral janji tanpa bukti, apalagi pemimpin yang malah banyak merugikan umat Islam di kemudian hari.

    Secara fitrah, setiap manusia di muka bumi ini terlahir sebagai seorang pemimpin, setidaknya ia adalah seorang pemimpin bagi dirinya sendiri. Bagus tidaknya pemimpin pasti berimbas kepada apa yang dipimpinnya. Karena itu, menjadi pemimpin adalah amanah yang harus dilaksanakan dan dijalankan dengan baik oleh pemimpin tersebut, karena kelak Allah swt akan meminta pertanggung jawaban atas kepemimpinannya itu. Dalam Islam sudah ada aturan-aturan yang berkaitan tentang kriteria pemimpin yang baik di antaranya :

    1. Beriman dan Beramal Shaleh                                                                                         
    Kita harus memilih pemimpin dari orang yang beriman, bertaqwa, selalu menjalankan perintah Allah dan rasulnya serta taat pada aturan agama. Karena ini merupakan jalan kebenaran yang membawa kepada kehidupan yang damai, tentram, dan bahagia dunia maupun akhirat. Oleh karena itu, hendaklah seorang pemimpin harus diniati untuk mencari keridloan Allah swt semata, bukan untuk mencari kekayaan dan ketenaran.

    2. Adil dan Jujur
    Pemimpin yang paling baik ialah pemimpin yang ikut berbagi bersama rakyatnya. Rakyat mendapat bagian keadilan yang sama, tak ada yang diistimewakan. Sehingga pihak yang merasa kuat tidak memiliki keinginan melakukan kezaliman. Adapun pihak yang lemah tidak merasa putus asa mendapatkan keadilan. Dalam sebuah kata-kata hikmah disebutkan: 

    Pemimpin yang baik, ialah pemimpin yang orang-orang tak bersalah merasa aman dan orang-orang yang bersalah merasa takut. Pemimpin yang buruk, ialah pemimpin yang orang-orang tak bersalah merasa takut dan orang-orang yang bersalah merasa aman”.
    Rasulullah saw juga bersabda:

    ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ: الإِمَامُ العَادِلُ وَالصَّائِمُ حَتَّى يَفْطُرَ وَدَعْوَةُ المَظْلُوْمِ.

    “Tiga doa yang tidak akan ditolak: Doa pemimpin yang adil, orang yang puasa hingga berbuka, dan doa orang yang dizhalimi”.

    3. Amanah
    Tatkala Rasulullah saw  berbicara dengan para sahabat dalam satu majelis, datanglah orang Arab Badui, dia bertanya “Kapan kiamat?”  Rasulullah saw terus melanjutkan pembicaraannya. Sebagian sahabat berkata “Rasulullah saw mendengar apa yang ditanyakan tetapi tidak menyukai apa yang ditanyakannya. Berkata sebagian yang lain: “Rasulullah saw tidak mendengarnya”. Setelah Rasulullah saw menyelesaikan perkataannya, beliau bertanya, “siapa yang bertanya tentang kiamat?”. “Saya wahai Rasulullah saw” jawab orang Badui, Rasulullah saw  berkata: “Jika amanah disia-siakan, maka tunggulah kiamat”. “Bagaimana menyia-nyiakannya?” tanya Badui. Rasulullah saw menjawab “Jika urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah Kiamat” (HR Bukhari).

    Hadis ini adalah sebuah peringatan dari Rasulullah r agar amanah itu diberikan kepada ahlinya, sedangkan puncak amanah adalah amanah dalam memimpin umat. Jika pemimpin umat tidak amanah berarti kita tinggal menunggu datangnya kiamat atau kehancuran. Semoga dalam PILKADA kali ini dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang sesuai dengan har apan umat islam bukan malah merugikan umat islam itu sendiri.



    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728